Monitor , Perangkat Keras (Harware) yang sangat diperlukan oleh komputer saat ini sangat beragam. jika dibagi menurut teknologi yang digunakan hingga saat ini monitor sudah mencapai di teknologi LED ( Sebelumnya Monitor CRT "Tabung" dan LCD ) . Monitor LED (Light Emmitting Diode) adalah monitor yang menggunakan lampu lampu kecil untuk menghasilkan warna .

Monitor jenis LED sering di klaim menjadi monitor yang mengkonsumsi daya rendah . selain itu monitor LED memiliki ketebalan yang paling tipis dibandingkan dengan monitor monitor jenis lainnya.

LG LED Monitor tipe 20EN33 adalah monitor elegan yang diluncurkan oleh LG yang memiliki ukuran layar 20" (inch dihitung dari diagonal monitor) dengan design yang modern dan tegas. lekukan lekukan yang terbentuk memiliki kesan modern dan tegas dengan body yang dibuat dengan warna hitam doff yang membuat monitor menjadi lebih wah . .

Berikut spesifikasi dari monitor LED LG 20EN33 20" :

  • Ukuran Layar        : 20"Inch atau setara 50,8 Cm 
  • Jenis Monitor        : LED 
  • Resolusi Monitor  : 1600 x 900 px
  • Rasio Kontras       : 5000000 : 1 (Lima Juta banding satu)
  • Colour Depth        :  16,7 M
  • Dimensi                : 474 x 168 x 366 mm
  • Berat                     : 2,3 kg (include packing)
  • Konsumsi Daya    : Normal 50W
Ketika membeli monitor ini kita akan mendapatkan beberapa perangkat pendukung seperti Kabel D-Sub (kabel VGA) , Kabel powe+adaptor , Standing foot , dan CD Driver .


LG LED Monitor ini juga dibekali dengan power saving mode dimana monitor akan otomatis mati apabila tidak digunakan (tidak ada signal dari CPU ) setelah beberapa detik. dengan teknologi ini maka dapat mengirit biaya listrik di rumah anda.


Monitor LG ketika memasuki power saving mode
Penataan tombol tombol pengaturan berada di bawah monitor sehingga tidak mudah terlihat mata dan juga tombol power terbuat dari plastik bening transparant yang diberi lampu indikator berwarna merah yang meningkatkan kesan elegant. Dibalik standing foot monitor juga dilengkapi dengan Kenigston Lock serta pengait untuk cable management monitor agar kabel tertata rapih di meja.

Namun dibalik itu semua , monitor tipe ini memiliki hal yang cukup menggangu yaitu

Monitor Tampak Belakang
Monitor inihanya menyediakan input port power dan D-Sub saja. walau monitor sudah dirancang sedemikian rupa mewah dan elegan , namun sepertinya LG tidak memberikan Port lain seperti DVI maupun HDMI . Seperti kita tahu bahwa saat ini semua developer baik itu game , game console , Graphic Card hingga kamera digital sedang berlomba lomba menghasilkan gambar yang luar biasa (HD)  padat yang hasilnya akan nampak ketika menggunakan HDMI port. selain itu , nampaknya monitor ini tidak dapat disesuaikan sudut kemiringan layarnya sehingga cukup mempersulit anda yang telalu tinggi maupun yang terlalu pendek.


Kelebihan

  1. Design Modern
  2. Konsumsi daya rendah (hanya 50w)
  3. Monitor cukup besar (20")
  4. LED Monitor
  5. Monitor tipis
Kekurangan :
  1. Tidak support dengan kabel HDMI
  2. Monitor tidak dapat di sesuaikan sudut kemiringannya

KESIMPULAN

Bagi anda yang tidak seberapa mementingkan kualitas gambar yang ditampilkan ( hanya mengunakan komputer untuk bekerja , menonton biasa , dsb) monitor ini sudah lebih dari cukup untuk anda ditambah lagi dengan model yang elegant dan watt nya rendah sehingga cocok bagi anda yang sibuk dan memerlukan komputer tiap waktu

Namun bagi anda yang memprioritaskan kualitas gambar HD ( bagi Gamers , Design Grafis , Video Editor , dsb) diasarankan anda membeli monitor tipe lain yang sudah support dengan port HDMI.

Namun untuk saya pribadi lebih baik apabila anda membeli monitor yang sudah support HDMI , seperti yang sudah saya bahas sebeumnya bahwa saat ini para developer berlomba lomba untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi sehingga kedepannya monitor yang ada beli dapat digunakan tanpa harus membeli baru.

2 comments:

  1. Apakah monitor tipe ini bisa digunakan sebagai tv dengan menggunakan tv tuner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, untuk monitor seri yang dibahas hanya memiliki port D-sub (VGA) dan tidak memiliki sensor untuk remote maupun program untuk dijadikan televisi

      namun jika menggunakan TV kabel dan kabel dari decoder bisa diberi converter dari hdmi ke VGA, monitor ini masih bisa digunakan. namun sangat tidak saya sarankan karena ribet dan justru akan memakan biaya jauh lebih banyak. karena monitor ini didesain untuk monitor sehingga tidak ada sensor tv maupun audio

      Delete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib