setelah sekian lama saya vacum sekarang sudah saatnya saya memposting seputar teknologi. pada kesempatan kali ini saya akan mereview printer besutan CANON yakni PIXMA MG 2570S.


PERHATIAN : BACA ARTIKEL HINGGA HABIS AGAR TIDAK KECEWA SAAT BELI



CANON Pixma MG2570 ini adalah salah satu printer buatan canon yang bisa dibilang murah di kelasnya. dengan harga jual (maret 2018) berkisar Rp.650.000 s/d 700.000,an kita dapat memiliki printer canon . yang mana notabene nya printer canon dan epson adalah printer yang mahal.


Berikut adalah spesifikasi singkat dari canon MG2570S:

  • Print , Scan , Copy
  • 2 ink cartridge (Black: 745s   ; Color 746s)
  • Ukuran scanner A4
  • 100 -240V ; 50/60Hz ; 0.4A
  • auto power on 
dan yang kita dapat ketika membeli printer ini adalah :
  • 1 unit printer canon MG2570s
  • 2 pcs ink cartridge type S(small)  (black 745s ; color 746s)
  • 1 pcs kabel usb
  • 1 pcs kabel power
  • kartu garansi dan manual book
  • CD Driver
seperti yang kita tahu, printer merk canon memiliki kualitas print yang bagus dan cocok untuk mencetak foto maupun dokumen.


Kelebihan printer canon MG2570S

1. Harga Murah
harga printer jenis ini berada di bawah rata rata harga printer canon tipe lainnya , dengan harga berkisar 650-700rb anda bisa memiliki printer CANON yang mampu melakukan print scan dan copy.





2. Kualitas PRINT dan SCAN BAGUS
printer canon memiliki hasil cetak gambar yang bisa dibilang bagus dari kompetitornya walau memang tidak lebih bagus dari printer Epson, namun prnter CANON mampu mengalahkan merk printer lainnya seperti HP , dll






3. Harga Ink Cartridge murah
harga catridge yang digunakan printer tipe ini bisa dibilang cukup murah, dengan harga berkisar 90-150rb kita mampu membeli katrid kelas canon (perlu diperhatikan , catride ukuran SMALL - untuk cartridge dengan ukuran XL memiliki harga yang cukup tinggi yakni sekitar 200rb keatas)

4. Auto Power On When Printing
fitur ini adalah fitur yang mana printer akan menyala sendiri apabila kita hendak melakukan pencetakan. ketika printer menerima data dari komputer, maka dengan sendirinya printer akan menyala tanpa harus kita tekan tombol powernya.


 namun setelah admin pakai printer ini bagaikan pedang dengan dua sisi. jika tidak sesuai dengan kebutuhan kita, maka bisa mencelakakan dompet kita   , admin cukup dibuat kecewa dengan canon. istilahnya "jika mau murah jangan minta bagus - jika mau bagus , jangan minta murah " . memang dari segi fasilitas yang ditawarkan, printer ini sudah merupakan paket komplit namun ternyata jauh di dalam printer ini menyimpan hal yang kita tidak inginkan yaitu


KELEMAHAN :

1. Catridge yang digunakan berkapasitas kecil
 cartridge awal yang diberikan kepada kita adalah tipe SMALL yang mana memiliki kapasitas +- 5ml . dari dosbook yang tertera, estimasi printing dari cartridge tipe ini adalah sbb:
SMALL : 100lbr  ; MEDIUM :180lbr  , XL ; 300Lbr.

2. Posisi mainboard dan sensor berada di tempat rawan
bagi anda yang tidak memiliki rencana untuk memodifikasi printer tipe ini, hal ini bukanlah hal yang berarti. namun bagi anda yang mau melakukan modifiasi printer ini anda perlu mempertimbangkan hal ini. mainboard yang berada dibawah dan sensor yang terletak dibawah dan dekat dengan jalur tinta bisa menjadi boomerang apabila kita memodifikasi dengan tidak sempurna. apabila secara tidak sengaja terjadi banjir karena tinta overload atau merembes dari cartridge dapat dengan mudah mengenai mainboard dan sensor yang berakibat fatal.

3. Tidak memiliki pompa dan pembuangan tinta sendiri.
canon tipe MG2570s bisa dibilang merupakan HP nya CANON , karena tipe ini memiliki kemiripan dengan HP yakni tidak memiliki pompa tinta dan pembuangan tinta. jadi ketika kita melakukan head cleaning maupun maintenance lainnya , printer hanya akan mengusap head cartridge dan tinta yang terbuang akan diserap dengan ink absorber yang terlihat seperti kapas di bagian bawah head cartrige.

fungsi pompa tinta di printer tipe lain adalah mengalirkan tinta yang terbuang di tray tersebut ke tabung pembuangan agar tinta tidak meluber didalam mesin. karena printer tipe ini tidak memiliki pompa maka anda harus berhati hati dalam melakukan modifikasi.


Lalu, Apakah printer ini bisa dimodifikasi?

jawabannya adalah . . . . 50:50 alias bisa iya , bisa juga tidak.
admin ketika membeli printer ini juga sempat bertanya dengan teknisi yang berada di toko tersebut. teknisi tersebut mengatakan bahwa printer ini bisa dilakukan modifikasi, justru merk HP yang tidak bisa di modifikasi infus.
jika memang benar, printer tipe ini bisa dimodifikasi maka perlu perhatian ekstra untuk mengkontrol ink absorber printer agar tinta tidak overload dan meluber mengenai mesin.
dan untuk maintenance printer yang dimodifikasi Infus, printer diwajibkan melakukan pencetakan min 3x seminggu untuk menarik tinta yang berada di tabung eksternal ke cartrige. jika tidak dilakukan maka ada hal yang ditakutkan yakni tinta yang berada di dalam cartridge tersedot kembali ke tabung infus , tinta yang berada di selang buntu sehingga tidak dapat mengalir , terdapat gelembung udara di selang , dan noozle cartridge kering



KESIMPULAN : 
LALU APAKAH PRINTER INI DIREKOMENDASIKAN?

Kembali lagi kepada kebutuhan, anda membeli printer dengan tujuan untuk digunakan seperti apa?

Bagi rumahan : DIREKOMENDASIKAN (atau lebih)
apabila anda menggunakan printer ini sebagai printer rumah (jarang melakukan pencetakan) maka printer ini sangat saya rekomendasikan mengingat jumlah pencetakan yang sedikit dan fasilitas printer yang Lengkap.

Bagi Pelajar/mahasiswa : BERFIKIRLAH 2 KALI
dengan loot kerja kalian yang memerlukan pencetakan cukup banyak untuk mencetak makalah dan skripsi, maka printer ini harus anda modifikasi untuk memangkas biaya pembelian cartridge. sekali lagi cartridge priinter ini memiliki kapasitas kecil. dan kalian wajib sering mengkontrol printer

cukup sekian review saya pada kali ini, bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur membeli maupun sudah menggunakan printer ini tidak ada salahnya untuk meninggalkan jejak kalian di kolom komemtar dibawah ini.







33 comments:

  1. Aku baru beli ini printer lumayan lah,
    Tapi min printer ini bisa di buat pake tinta luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 9t

      Delete
  2. Misi gan numpang nanya, apakah printer ini memang tidak bisa untuk ngeprint full page (tidak ada sisi border putih di kertas)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan spesifikasi di https://id.canon/id/consumer/pixma-mg2570s/specification?category=&subCategory=

      Lebar yang dapat dicetak sampai dengan 203.2mm (8 inci)

      Pencetakan Garis Tepi:
      Marjin atas: 3mm,
      Marjin bawah: 16.7mm,
      Marjin kiri / kanan: masing-masing 3.4mm (Letter / Legal: kiri: 6.4mm, kanan: 6.3mm)

      Area pencetakan yang direkomendasikan
      Marjin Atas: 31.6mm
      Marjin Bawah: 29.2mm

      Delete
    2. Min bagusan mana Printer Canon MG2570s apa HP Deskjet Ink 2135

      Tolong jawab, lagi nyari printer nih soalnya harganya ga beda jauh, sama sama murah hehe

      Delete
  3. Kalau begitu, rekomendasi printer yang bagus dan terjangkau buat mahasiswa mnurut kakak apa ya?

    ReplyDelete
  4. Printer ini ga bisa buat copy karena tidak jalan lampunya itu yg Dy beli baru seminggu apakah bisa di compleain

    ReplyDelete
  5. Tolong minta rekomendnya buat printer yg mirip dgn 2570s tp yg cocok buat anak sekolah dan kuliah. Sy punya 5org anak mulai dr smk,smp,dan sd. Sy kewalahan dgn tugas sekolah anak yg sedikit2 pasti ngprint. Tlg bantu sy. Sy sdh terlanjur beli 2570s tp perbulan sy hrs punya dan 300-700rb buat cartridgenya. Tlg kasih tahu sy penggantinya. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal suntik cattij aja bu gausah beli ori

      Delete
  6. Replies
    1. untuk cartridge masih bisa di infus (walau susah karna posisinya yang mepet, akhirnya selang infus sering nyantol (pengalaman pribadi)..dan jika di infus jangan lupa untuk digunakan tiap hari (sehari 1x) karna pada printer ini tidak ada pompa untuk membuang tinta seperti priinter canon yang diatas seri ini

      Delete
  7. Sama aku juga baru aja beli hemmm

    ReplyDelete
  8. Sy mau nanya, apakah catridge nya bisa diganti dengan catridge yg lebih besar kapasitasnya? Kan ctridge yg diberi waktu pembelian 745s, bisa tidak diganti menjadi 745xl?

    ReplyDelete
  9. bisa, yang perlu diperhatikan adalah seri nya (745) untuk s XL adalah ukuran isinya (jika iseng dibuka sticker cartridge tinta 745s akan terlihat ada ruang kosong di dalam cartridge yang mana hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kapasitas isi tinta (bukan ukuran/dimensi cartridge nya) jadi untuk XL akan memiliki ukuran yang sama, namun mungkin akan lebih berat. karna ruang kosong tersebut digunakan full untuk tinta

    ReplyDelete
  10. Saya ingin berbagi pengalman selama pakai printer Canon MG2570S, Keunggulan : Harga murah, hasil print, scan, copy bagus. Kelemahan : Jika memory EPROM sdh penuh, tdk bisa di reset shg printer tdk bisa dipakai. Cara mengatasinya dgn cara mengganti IC EPROM-nya. Seandainya bisa direset seperti Canon MP237 pasti saya akan lebih senang dan puas. Jangka waktu pakai printer ini hanya 2 tahun, setelah itu tdk berfungsi krn hrs ganti IC EPROM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memory EPROM itu maksudnya yg gimana ya kak? dan kalo ganti berapa biayanya?

      Delete
    2. Untuk canon E400 IC Eprom jika sudah juga tidak bisa di reset harus di ganti

      Delete
  11. Alhamdulillah tq gan review nya,, ga jadi beli la, ga sesuai kebutuhan..

    ReplyDelete
  12. Permisi ka, mau nanya printer ini bisa cetak photo ukuran A4 menggunakan kertas paper glosy ga ka? Soalnya saya baru beli terus saya print gabisa,takutnya saya salah settingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak bisa kalau ga salah,punya saya juga gabisa

      Delete
  13. Jika mmg ada beberapa kekurangan, printer apa yg kira2 rekomendasi buat saya yg bisa all in one tapi harga terjangkau? Terimakasih..

    ReplyDelete
  14. Kalau untuk bisnis cocok ga pake printer ini ?

    ReplyDelete
  15. Masih bagus printer canon ip2270 atau mg2570s bukan dilihat dari scan atau fotocopy nya. Tapi untuk dipakai infus dan tahan nya?

    ReplyDelete
  16. Kalau sudah terlanjur beli ya dinikmati saja. Ntar kalau rusak beli lagi yang lebih bagus.

    ReplyDelete
  17. selain tinta 475s black dan 476s colour apakah pixma mg2750s jg bisa pakai tinta 475 black dan 476 colour

    ReplyDelete
  18. ee maaf pixma mg 2570s.... apakah bisa pakai tipe tinta selain uk 475s

    ReplyDelete
  19. Saya mau nanya print MG2570s emang kalau habis print gambar pakai kertas paper glass tinta hitamnya di sentuh luntur..
    Makasih

    ReplyDelete
  20. Tpi min klo copy gmn min ane punya tpi klo copy kartu keluarga kok kepotong ya tanya sana sini katanya ad yg emng begitu kepotong klo type mg 2570s

    ReplyDelete
  21. Apakah printernya sudah siap pakai saat dibeli atau harus isi tinta dulu?

    ReplyDelete
  22. Terima kasih infonya kak, jadi bahan pertimbangan.

    ReplyDelete
  23. Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Printer Canon Pixma Mg 2570S Review Indonesia : Dibalik Murahnya Printer Canon . . Sungguh ?? - Hansen Techno >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib