Berhubung sudah lama saya tidak memposting sesuatu di blog ini , sekarang sudah saatnya saya untuk update . kali ini kita akan membahas sesuatu yang sering kita jumpai , yang sering kita gunakan , namun kita tidak seberapa menyadarinya. bahkan kita mungkin tidak tahu apakah itu.

anda tentunya pernah melihat benjolan hitam berbetuk cylinder yang terdapat pada kabel. (kalau belum coba cek kabel - kabel kalian :P ). Nah benjolan ini memiliki nama  ferrite core atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ferrit saja . Benjolan tersebut ( Ferrite Core) biasanya dapat kita temukan pada kabel kabel yang bertugas untuk membawa sinyal seperti kabel usb untuk handphone , camera , kabel audio  , kabel monitor (D-Sub , HDMI  , Dsb) namun juga tidak menutup kemungkinan dapat kita temukan di kabel charger handpone maupun laptop


Fungsi Ferrite core sendiri yaitu untuk meredam interferensi elektromaknetik ( Electromagnetic Interference.) atau yang sering kita dengan EMI . lalu apakah dampak EMI pada kehidupan kita sehari hari ? . kita tentu pernah menggunakan telp , menonton tv maupun bermain komputer. pernahkah gambar pada monitor anda menjadi tidak stabil ketika anda meletakkan handphone yang sedang menerima panggilan di dekat monitor? atau mungkin saat anda melakukan panggilan , suara yang terdengar seperti suara sandi morse ?.  kurang lebih dampak yang kita rasakan adalah seperti itu.
nah begini contoh suara dampak terhadap suara




Nah , Ferrite Core ini biasanya diletakkan mendekati ujung kabel, ada yang hanya dipasang pada satu ujung , namun ada juga yang diletakkan di kedua ujung kabel. pemberian ferrite di kedua ujung dimaksudkan untuk meredan interferensi elektromaknetik yang terjadi ketika ada pengiriman maupun penerimaan signal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKvqC7nxehbC3ml3K_E7NcolxEwLrOKlA68Q2aMFWonZH3ihOu2wgv38kepfIS-qZUPqJTz0KehTlCbo9wwwnqyFkkrJKWGnrzukp3GYyGLFDf2ltTEO7HBp7kCrBWAQaQpo0KHQlycNlw/s1600/Two_ferrite_beads.jpg

lalu apakah isi dari benjolan hitam tersebut? jika anda pernah membongkar benjolan tersebut anda mungkin akan kecewa, karna kita hanya akan menemukan cylinder yang menyerupai keramik dan rapuh. namun jangan salah , ferrite core ini terbuat dari oksida besi ( a.k.a Karat besi) yang dilebur dengan beberapa bahan lain yang menghasilkan medan magnet yang sangat kecil yang mampu menyerap gelombang elektomagnetik yang tidak berguna.

http://images.cache.inkuiri.com
/i/large/im0.tokobagus.biz%2Fl%2F48%2F39%2F48
736390_3434582_533a6f80402a2.jpg
perkembangannya saat ini , ferrite core juga sudah diproduksi sebagai aksesoris kendaraan bermotor. ferrite yang dipasang pada kabel busi. Ferrite untuk motor ini diklaim mampu membuat tarikan motor menjadi lebih stabil dan mulus.

2 comments:

  1. ijin kopas bro,

    http://virionz.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mau tanya... itu kan fungsi dari ferid kalo dipasang di kabel tegangan Dc.. kalo di pasang di kabrl tegangan AC semisal tegangan 220/380 v ac pengatuhnya apa????

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib