Intel Processor Core I7 Series
http://download.intel.com/pressroom/kits/corei7/images
/Intel_Core_i7_right_side.jpg
 
      Intel Coorporation merupakan nama dari perusahaan yang berkecimpung dalam usaha pembuatan processor. Intel Coorporation sendiri  merupakan perusahaan multinasional Amerika yang memiliki kantor pusat berada di Santa Clara , California. Perusahaan Intel berdiri pada 18 juli 1968. Nama Intel yang digunakannya sendiri diambil dari singkatan
Integrated Electronics yang mana jika dibahasa Indonesia-kan memiliki arti elektronik yang terintegrasi. Perusahaan Intel bergerak dalam usaha pembuatan Processor , GPU Card dan Built -in GPU ( Graphic Card / yang sering kita sebut VGA Card) , Sound Card dan Build in Soundcard , dan komponen komponen komputer lainnya. untuk saat ini Intel sendiri telah mengeluarkan processor tercepatnya yang dinamai Intel Core I7 series dengan jumlah core tertingi sebanyak 6 core yang memiliki kecepatan transfer data tertinggi hingga mencapai 3.6 GHz *diambil dari wikipedia*.




AMD processor FX series
http://www.maximumpc.com/files/amd_fx_processor.jpg
      Advanced Micro Devices atau yang kita kenal dengan sebutan AMD merupakan perusahaan Amerika luas yang bergerak di bidang elektronik komputer. AMD memiliki kantor pusat yang berada di Sunnyvale , Calfornia . AMD juga sempat mengakuisisi brand graphic card ATI yang hingga kini kita dapat jumpai dengan sebutan ATI Radeon. AMD sendiri bergerak dalam pembuatan processor (micro processor dan built-in processor) , GPU card ( ATI , Kartu Grafis) , dan Motherboard Chipset.
AMD saat ini telah mengeluarkan processor tercepatnya yang dinamai AMD FX series dengan   eight thread processor dengan  jumlah core tertinggi 8/4 dnegan kecepatan 5 GHz *data diambil dari wikipedia*



INTEL VS AMD

Sebagian besar masyarakat beropini bahwa processor AMD dengan mudah menjadi panas yang mengakibatkan cepat rusaknya komputer. mengapa demikian ? seperti yang kita tahu Processor AMD akan berusaha mempertahankan kecepatan transfer data-nya saat memproses sehingga menghasilkan kecepatan yang stabil dan panas yang sama. apabila Heatsink tidak mampu mengambil panas yang keluar dan fan processor mengalami penurunan performa , AMD akan berusaha mempertahankan kecepatannya yang mana mengakibatkan panas berlebih.

berbeda dengan Processor buatan AMD, Processor Intel memiliki sistem yang mampu menurunkan performa processor yang mana apabila CPU memiliki panas yang tidak wajar , processor akan dengan sendirinya menurunkan performa transfer rate nya dengan tujuan agar tidak terjadi adanya over heat (panas berlebih) yang dapat merusak / membakar processor. namun dengan demikian kecepatan transfer processor Intel menjadi kurang stabil jika dibanding AMD.

Saatnya pembuktian ,anda bisa melihat apakah yang terjadi apabila processor Intel dan AMD digunakan tanpa memakai Heatsink dan juga fan processor lewat video di bawah ini.



KESIMPULAN

Bagi anda yang bingung untuk memilih processor , anda bisa membandingkan budget yang dimiliki dengan mempertimbangkan kecepatan transfer data antara processor milik Intel dan juga AMD. pada dasarnya kekurangan kedua processor ini dapat diatasi dengan  cooler yang mendukung. dengan memberikan cooler yang baik maka processor AMD anda tidak akan mengalami gangguan yang berarti sedangkan untuk intel naik turunnya kecepatan transfer tidak akan kita rasakan secara besar .
saya pribadi merekomendasikan untuk menggunakan processor Intel namun bagi anda yang membutuhkan / mengejar performa yang tinggi anda bisa memilih untuk menggunakan processor AMD

3 comments:

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya ya!! ^^
    http://rentallaptopmalang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Sebenernya persepsi ini dimulai sejak jaman krismon '98 dulu..
    agar menekan harga, prosesor amd dijual terpisah dengan kipasnya (tray), sedangkan intel tetap dijual box. atas nama harga juga.. banyak penjual kompi yg menjual komputer amd dengan heatsink dan kipas yg ga jelas.. padahal seperti kita tau bahwa selain teknologi prosesor, produsen juga melakukan riset pada heatsink dan kipas yg bagus untuk produknya.

    jadi wajar aja kalo banyak kompi bertenaga amd yg panasnya jd keterlaluan akibat heatsink dan kipas ga jelas.

    pada masa itu saya pake amd yg box.. tidak pernah ada masalah dgn panas.. tp kompi teman saya yg pake amd tray.. rata2 bermasalah pada suhu.. akhirnya mereka keluar duit lagi buat beli heatsink dan kipas yg ditujukan utk overclock sebagai solusi.

    untuk panas yg tidak wajar, masing2 produsen motherboard membuat sensor panas dan jg membuat software sbg pendukung untuk mengawasi kinerja kompi.

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib