pemandangan di dalam kawasan candi Jolotundo. Seloliman,Mojokerto 

Sebagian besar dari kita selalu memiliki pikiran bahwa candi itu jelek, candi itu kuno , candi tidak cocok sebagai tempat wisata, dsb. namun pernahkah anda datang ke candi Jolotundo? . Candi Jolotundo terletak di Seloliman , Trawas , Mojokerto pada koordinat GPS : S07*00'38.1" E107*12'22.0". Candi ini berada di daerah lereng gunung penanggungan sehingga memiliki iklim yang cukup sejuk. candi ini berada tidak jauh dari PPLH Seloliman
Perjalanan menuju candi jolotundo

perjalanan menuju candi jolotundo
kita bisa menuju Candi Jolotundo dengan menggunakan mobil maupun motor namun sangat disarankan agar anda tidak membawa muatan berlebih karena medan yang dilalui cukup curam.

Tempat pemandian di Candi Jolotundo
dalam kawasan candi Jolotundo telah disediakan gazebo untuk tempat beristitahat, toilet , dll. yang menjadi ikon adalah tempat pemandian nya. konon tempat pemandian ini membawa berkah dan kecantikan seperti ratu di jaman Majapahit olehkarena itu banyak orang yang memilih untuk mandi disana . disana ada 2 tempat mandi untuk wanita dan pria di sebelah kanan dan kiri candi.

air yang ada juga sangat bersih dan sejuk. kita bisa minum dari sumber air yang keluar di candi ( di bagian atas, jangan dibawah karena sudah bekas orang mandi)

SEJARAH CANDI JOLOTUNDO

dalam sejarah diketahui bahwa Raja Udayana dari bali  menikah dengan Putri Guna Priya Dharma dari jawa. candi jolotundo merupakan monumen cinta  kasih yang dipersiapkan oleh Raja Udayana kepada Putri Guna yang dibangun pada tahun 997M yang juga tertera pada bagian belakang candi.

satu dari dua kolam yang ada memang tempat pemandian segaligus berendam sang ratu dan lainnya untuk sang raja. olehkarena itu hingga saat ini tempat pemandian sesuai dengan gender masih diberlakukan. di dinding juga diberi tulisan "pria" di kolam pemandian bagian timur dan "wanita" di kolam pemandian bagian barat.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib