Sunday, November 2, 2014

Cara Jitu Mengatasi Stress Berat

img source : http://www.intrinsicbrilliance.com.au/wp-content/uploads/2014/07/bigstock-Stress-7508650.jpg
Stress, Siapa yang tidak pernah mengalami stress? Setiap orang setidaknya pernah mengalami stres sebanyak 1 kali dalam hidupnya. Stress sendiri merupakan kondisi diamana kita dihadapkan pada peluang, tuntutan dll yang hasilnya tidak pasti namun penting. Stress sendiri juga merupakan bebean rohani yang melebihi kemampuan maksimal rohani tiap individu sendiri sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. biasanya mengakibatkan kepala menjadi pusing tidak beraturan, paranoid (Berprasangka) , kepala menjadi sakit , dsb. Namun yang sangat ditakutkan adalah ketika orang mengalami stress secara berlebih dimana dikondisikan dalam keadaaan tertekan yang terlalu lama dapat membuat pembuluh darah di kepala, khususnya pada otak menjadi pecah sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lumpuh total ( mungkin bisa stroke ) karena otak tidak lagi dapat berfungsi untuk mengatur tubuh.

lalu hal apa yang sebaiknya kita lakukan agar terhindar dari masalah tersebut? mungkin banyak orang memilih untuk merenung, memilih untuk berusaha melupakan hal yang terjadi. taukah anda? ketika kita mencoba melupakan sesuatu , maka diri kita justru akan semakin memikirkan hal yang akan kita lupakan tersebut? bahkan mungkin akan makin melekat dalam pikiran kita. berikut cara efektif untuk menghilangkan stress versi Informasi Menarik ( Hansen-christian97.blogspot.com)



img source : http://www.jaspital.com/blog/wp-content/uploads/2014/09/Women-music.jpg
1. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik kesayangan anda bisa menjadi salah satu cara jitu untuk menghilangkan stress yang ada. Musik yang anda sukai dapat membawa suasana hati ikut menjadi senang . Dengan mendengarkan lagu pikiran menjadi relax dan konsentrasi pikiran tidak tertuju pada masalah yang membuat kita stress , tetapi menjadi terfokuskan kepada musik yang kita dengar



img source : http://champagnecartel.files.wordpress.com/2013/08/walk-in-park.jpg
2. Olahraga Pagi
Pagi hari merupakan kondisi terbaik, dimana kendaraan bermotor masih sedikit yang berkeliaran, embun di daun daun belum mengering, oksigen belum menipis bercampur dengan polusi dan suasana yang masih dingin dan segar. kondisi ini sangat sulit ditemukan di perkotaan. anda bisa mencoba untuk berolahraga pagi. sempatkan berjalan santai dipagi hari sambil menghirup udara yang segar tiap harinya . Selain dapat menghilangkan stress , Olahraga pagi juga dapat membuat tubuh menjadi segar bugar dan tentunya sehat. berolahraga pagi sambil dipadu dengan mendengarkan musik bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dilakukan.



img source ; http://www.theayurvedicpath.com/wp-content/uploads/2012/10/ManMeditating.jpg
3. Meditasi
untuk anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk berjalan dipagi hari , atau memiliki kondisi yang mudah lelah , meditasi mungkin bisa menjadi pilihan . lakukan meditasi dan menenangkan diri. namun tetap kondisi terbaik untuk meditasi adalah ketika pagi hari. anda bisa mencari tempat yang tenang atau meditasi di dekat kolam. jadi anda bisa menenangkan diri sembari mendengarkan suara air yang beriak.



img source : http://cityofbyroncity.files.wordpress.com/2013/02/laughing.jpg
4. Tertawa
dalam suatu momen saat kita sedang berkumpul bersama teman maupun keluarga, kita sering mendengarkan ataupun melontarkan candaan - candaan yang ada. pernahkah anda tidak menyadari bahwa anda telah menghabiskan banyak waktu ketika anda sedang berkumpul bersama teman anda? . dengan bercanda bersama teman maupun keluarga diri kita sejenak akan melupakan beban masalah yang ada di pikiran. sehingga membuat diri menjadi lebih rileks hingga mungkin kita bisa lupa waktu karna terlalu seru berbincang.



img source : http://www.psych2go.net/wp-content/uploads/2014/09/vidgames.jpg
5. Lakukan Hal Yang Anda Sukai
anda bisa melakukan hal - hal yang membuat diri anda bahagia. lakukanlah hal hal yang anda sukai seperti bermain game bersama , jalan jalan ke suatu pusat perbelanjaan ataupun tidur. hal - hal yang anda sukai dapat mengurangi stress dikarenakan kondisi pikiran (baca : Otak) terkondisikan untuk melakukan hal yang akan anda lakukan saat ini sehingga tidak ada kesempatan untuk memikirkan hal yang membuat anda menjadi stress


img source : http://bestmotivationalspeaker.com/wp-content/uploads/2011/04/smile.jpg
6. Berfikir Positif  a.k.a Positive Thinking

Ini merupakan poin terpenting dari semua yang anda. anda harus dapat mengkondisikan pikiran agar tetap berfikir secara baik / positif . anda tidak perlu mencoba untuk melupakan kesetressan yang anda hadapi. anda cukup berpikir positif. renungkan bahwa masih banyak hal hal yang menyenangkan diluar sana. anda masih bisa mendapatkan apa yang ada bisa , anda masih mampu menghadapi segala yang ada. mulai saat ini hentikan kebiasaan mencoba untuk melupakam suatu masalah, mulailah melakukan kegiatan kegiatan positif. dengan hal tersebut maka stress akan hilang dengan sendirinya

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib